Kamis, 28 Desember 2023

CARA KERJA / SISTEM KERJA PRINTER LASER

 

Printerlaser bekerja dengan menggunakan teknologi pencetakan yang berbeda dengan printer inkjet atau dot-matrix. Printer laser menggunakan toner sebagai bahan pencetakan, sedangkan printer inkjet menggunakan tinta, dan printer dot-matrix menggunakan pita printer.

Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam proses pencetakan pada printer laser:

1. Charging:

Tahap ini dimulai dengan mengisi ulang drum printer dengan muatan listrik negatif. Hal ini akan menarik partikel-partikel toner ke permukaan drum yang bermuatan positif.

2. Pencahayaan:

Selanjutnya, laser akan menyoroti permukaan drum yang bermuatan positif. Bagian-bagian drum yang disinari laser akan kehilangan muatan positifnya.

3. Pewarnaan:

Partikel-partikel toner yang terisi muatan negatif akan melekat pada bagian-bagian drum yang kehilangan muatan positif akibat pencahayaan laser. Dalam tahap ini, partikel-partikel toner masih berbentuk debu dan belum menempel dengan kuat pada permukaan drum.

4. Transfer:

Setelah partikel-partikel toner melekat pada drum, kertas akan diseret melewati drum printer. Pada saat ini, drum akan menyalurkan partikel-partikel toner ke kertas dengan bantuan muatan positif yang terkandung pada kertas. Proses ini disebut dengan tahap transfer.

5. Fiksasi:

Tahap terakhir adalah fiksasi. Pada tahap ini, partikel-partikel toner yang telah menempel pada kertas akan dilekatkan dengan kuat pada kertas. Proses fiksasi ini menggunakan panas dan tekanan untuk mencairkan dan menempelkan partikel-partikel toner pada kertas.

Setelah proses fiksasi selesai, kertas akan dikeluarkan dari printer laser dan hasil cetakan akan siap digunakan.




Belajar Gratis Teknisi Printer / Kursus Online Gratis https://www.youtube.com/@pakdhebengal/videos



best laser printer,best laser printers,best color laser printer,best laser printer 2022,best laser printer for home use,best laser printer 2023,laser printer,laser printers,best color laser printer 2023,best color laser printer all in one,best all in one laser printer 2023,best laser printers 2023,color laser printer,laser printer review,best home printers 2023,all in one laser printer,best printers 2023,best laser printer for home use 2023


Tidak ada komentar:

Posting Komentar