Jumat, 29 Desember 2023

Perempuan 28 th S3 UGM, Jadi CEO, Berhasil Ekspor Gula Kelapa Sampai Mancanegara!

 

Mba Ella Rizki Farihatul Maftuhah, seorang CEO berusia 28 tahun & sedang melanjutkan Doktoral S3 jurusan Kimia di UGM. Ia merupakan pendiri PT Nira Lestari International, sebuah perusahaan pertanian yang mengkhususkan diri dalam gula kelapa, sambil melanjutkan studi doktoralnya. Mba Ella juga membentuk kelompok tani wanita bernama KWT Nira Lestari dengan tujuan memaksimalkan potensi perkebunan kelapa di desanya yang memiliki luas 480 hektar.
KWT Nira Lestari memiliki 94 anggota wanita yang berperan dalam mengembangkan usaha pertanian kelapa. Mba Ella bertujuan untuk memberdayakan para wanita ini secara ekonomi sambil tetap mempertahankan peran mereka sebagai ibu rumah tangga. Dalam kelompok ini, mereka dapat bekerja sama untuk memproduksi gula kelapa berkualitas tinggi dan melakukan ekspor ke Korea, Belanda, serta membuka cabang di Malaysia.
Selain itu, Ella juga telah melakukan inovasi dengan menemukan madu yang terbuat dari bunga kelapa yang dinamakan "Vegan Nektar". Madu ini ramah bagi para vegan dan memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan usaha dan inovasinya, Mba Ella ingin memperluas jangkauan pasar dan terus mengembangkan kelompok wanita tani ini agar dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi anggotanya serta meningkatkan kesejahteraan desa secara keseluruhan. Simak kisah lengkapnya Mba Ella divideo pecah telur yang berjudul "Kelompok Wanita Tani Nira Lestari: Berhasil Ekspor Gula Kelapa Sampai Mancanegara."
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar