Selasa, 26 Desember 2023

Jenis-Jenis Awan dan Ciri-cirinya: Mengenali Tanda-tanda Cuaca dari Langit

 

Jenis-Jenis Awan dan Ciri-cirinya: Mengenali Tanda-tanda Cuaca dari Langit

Awan adalah kumpulan partikel air yang terdapat di atmosfer bumi. Awan terbentuk dari uap air yang terangkat dari permukaan laut atau daratan akibat pemanasan matahari. Terdapat beberapa jenis awan yang dapat dilihat di langit, berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis awan beserta ciri-cirinya:

1. Awan Cirrus
Awan ini berbentuk serabut halus dan menyebar di langit. Biasanya muncul di ketinggian 6.000 hingga 12.000 meter. Awan ini terbentuk dari kristal es yang berbentuk serabut.

2. Awan Cumulus
Awan ini berbentuk seperti gundukan dan berada pada ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter. Awan cumulus biasanya terlihat putih dan menandakan cuaca cerah.

3. Awan Stratus
Awan ini berbentuk datar dan menutupi hampir seluruh langit. Awan stratus biasanya terbentuk pada ketinggian 1.500 hingga 2.500 meter dan menandakan cuaca hujan.

4. Awan Nimbus
Awan ini berbentuk tebal dan gelap, dan menandakan adanya hujan atau badai. Awan ini terbentuk pada ketinggian 1.500 hingga 12.000 meter.

5. Awan Altocumulus
Awan ini berbentuk seperti gumpalan dan terbentuk pada ketinggian 2.000 hingga 6.000 meter. Awan ini biasanya terlihat putih atau abu-abu dan menandakan cuaca berubah-ubah.

6. Awan Altostratus
Awan ini menutupi hampir seluruh langit dan terbentuk pada ketinggian 2.000 hingga 6.000 meter. Awan ini terlihat abu-abu dan menandakan cuaca yang berkabut.

7. Awan Cumulonimbus
Awan ini merupakan jenis awan paling besar dan terbentuk pada ketinggian 2.000 hingga 12.000 meter. Awan ini menandakan cuaca yang sangat buruk seperti badai petir, hujan lebat, dan angin kencang.

Gambar:

Sumber gambar: Brain Academy

Sumber referensi:
- National Oceanic and Atmospheric Administration. (2020). Cloud types. https://www.noaa.gov/education/resou...re/cloud-types
- Weather Wiz Kids. (n.d.). Clouds. http://www.weatherwizkids.com/weather-clouds.htm

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar