Minggu, 28 Januari 2024

Keuntungan Mengurus Legalitas Usaha Bagi Bisnis Anda

 

Inilah 5 Keuntungan Membuat Legalitas Usaha Bagi Bisnis Anda
Inilah 5 Keuntungan Mengurus Legalitas Usaha Bagi Bisnis Anda






Legalitas usaha mengacu pada berkas resmi yang dikeluarkan lembaga hukum untuk sebuah perusahaan. Untuk mendapatkan legalisasi pendirian PT, Firma, ataupun CV, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Proses pengurusannya juga mudah, cepat, dan praktis—asalkan menyerahkan persyaratan lengkap.

Sayangnya, beberapa pelaku usaha masih enggan mendaftarkan bisnisnya ke badan hukum resmi. Padahal, banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!





1.      Usaha Anda Mendapatkan Perlindungan Hukum



Mungkin Anda masih ingat—beberapa waktu lalu pemerintah menutup usaha properti di kawasan Badung, Bali. Disinyalir, bisnis tersebut tidak memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) P4. Selain itu, keberadaannya juga meresahkan masyarakat sekitar.


Kasus di atas hanyalah satu contoh dari sekian banyak masalah usaha ilegal. Pasalnya, fungsi utama legalitas usaha adalah memberikan informasi kepada publik maupun pemerintah tentang identitasnya. Keabsahan tersebut merupakan hal terpenting yang mengungkapkan kredibilitas sebuah bisnis. Dengan begitu, perusahaan sah di mata hukum dan masyarakat.


Jika dinyatakan sah oleh hukum, usaha Anda akan mendapatkan perlindungan optimal. Semisal, mengamankan dari penggusuran, penertiban, ataupun tindakan pembongkaran yang dilakukan sewenang-wenang. Kalaupun terjadi sesuatu dengan bisnis tersebut, Anda mudah mendapatkan bantuan dari pihak berwajib.





2.      Lebih Mudah Memperoleh Kepercayaan Konsumen      Lebih Mudah Memperoleh Kepercayaan Konsumen

Konsumen merupakan aset penting dalam bisnis. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa mengembangkan usaha. Karena itu, kepercayaan konsumen harus dibangun sejak awal mendirikan perusahaan.


Memiliki legalitas usaha adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan. Keabsahan bisnis di mata hukum menunjukkan loyalitas perusahaan pada peraturan pemerintah. Dari sini, konsumen akan menilai bisnis Anda mampu menciptakan produk tepercaya.


Kalau konsumen sudah memercayai sebuah perusahaan, otomatis mereka memberikan rekomendasi kepada orang terdekat. Akhirnya, pun berdampak positif kredibilitas usaha yang Anda dirikan.





3.      Anda Bisa Ikut Lelang atau Tender

Kegiatan membeli dan menjual barang atau jasa melalui prosedur tawar-menawar kerap disebut lelang. Beberapa juga menyebutnya tender—pengajuan harga untuk memenangkan proyek tertentu. Salah satu syarat mengikuti aktivitas ini adalah usaha yang didirikan sudah berbadan hukum.

Misalnya, usaha tersebut berbentuk PT. Proses pendirian PTcukup mudah—jika Anda melengkapi dokumen yang dijadikan persyaratan. Setelah perusahaan terdaftar sebagai PT, barulah bisa mengikuti kegiatan lelang apa pun—sesuai bidangnya.





4.      Proses Sertifikasi Produk Lebih Mudah

Legalitas usaha tidak hanya mengamankan, tetapi juga memudahkan. Biasanya, dokumen izin pendirian PT ataupun CV dibutuhkan untuk mengurus sertifikat produk. Sebagai contoh, Anda memproduksi obat-obatan herbal yang memerlukan pengesahan dari BPOM.

Baca juga: Prosedur & Syarat Pendirian PT di Tahun 2018

Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 30 Tahun 2017, salah satu dokumen yang harus diserahkan saat mendaftar adalah SIUP. Begitu pun ketika mengajukan sertifikasi halal; berkas SIUP dan hasil uji laboratorium wajib disertakan.







5.      Usaha Bisa Berkembang ke Level Internasional

Ketatnya persaingan global menuntut pelaku usaha untuk terus berinovasi. Jika tidak, dipastikan bisnis tersebut tenggelam oleh kecanggihan teknologi. Selain itu, dalam pengembangan juga diperlukan legalitas. Dengan adanya legalitas, perusahaan Anda mendapatkan pengakuan secara nasional maupun internasional.


Lambat laun, pengakuan tersebut berubah menjadi kepercayaan penuh. Semisal, bagian pemasaran ingin mengekspor barang ke luar negeri. Karena sudah dipercaya, semua itu mudah dilakukan. Dengan demikian, bisnis bisa berkembang.





Itulah beberapa keuntungan membuat legalitas usaha yang bisa Anda peroleh. Mulai sekarang, jangan sungkan mengurus legalisasinya, ya.  Semua harus jelas, terstruktur, dan ada izinnya—termasuk izin pendirian PT. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar